tabalong

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong

BIMTEK KADER Keamanan Pangan Kabupaten Tabalong

Selasa 22 November 2022

Dinas Kesehatan (22/11/22). Dinas kesehatan Kabupaten Tabalong melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong dr. H. Taufiqurrahman Hamdie, M.Kes dan didampingi Kepala Bidang SDK Taufik, SKM, MM.

Peserta kegiatan ini berasal dari Kader Kesehatan dan DFI (District Food Insfector) sebanyak 60 Orang. Narasumber dari Loka BPOM HSU. Yang memaparkan materi Pangan Amanan Bebas dari Bahan Berbahaya dan materi Menjadi Konsumen Yang Cerdas dengan KLIK Produk Pangan dan Informasi tentang Label Pangan Olahan.

Didalam Bimtek Kader Kamanan Pangan ini disampaikan :
1. Pentingnya Keamanan Pangan

Keamanan pangan diselenggarakan untuk menjaga pangan tetap aman, higienis, bermutu dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat. Keamanan pangan juga dimaksudkan untuk mencegah cemaran biologis dan kimia yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

2. Bahaya Penyakit Karena Pangan (Biologis, Kimia dan Fisik);
3. 5 Kunci Keamanan Pangan

    a. Jagalah Kebersihan,

    b. Pisahkan Pangan Mentah dari Pangan Matang,

    c. Masaklah Dengan Benar,

    d. Jagalah Pangan dari Suhu Aman dan

    e. Gunakan Air dan Bahan Baku yang Aman);
4. Pengertian Higienis dan Sanitasi

Hygiene adalah suatu usaha yang dilakukan untuk melindungi, memelihara, meningkatkan derajat kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan         subyeknya. Sedangkan sanitasi adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan lingkungan dari subyeknya. 
5. Perijinan Industri Rumah Tangga Pangan (PIRT)

PIRT (Perizinan Produksi Industri Rumah Tangga) adalah suatu izin untuk industri makanan dan minuman berskala rumahan. Umumnya PIRT disertakan                 dalam sebuah label di kemasan produk, yang berupa deretan nomor yang terdaftar pada Dinas Kesehatan Kota atau Kabupaten setempat.

kontak

Email
dinkes@tabalongkab.go.id
Telepon
(0526) 2021026

visitor counter

Hari Ini

332

bulan Ini

7.85K

total

550.27K

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong