tabalong

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong

BIMTEK Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) Kabupaten Tabalong 5-6 Oktober 2022

Senin 10 Oktober 2022

Hotel Jelita Tanjung (6/8/2022). Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Bidang SDK mengadakan Kegiatan Bimbingan Tekinis (BIMKTEK) Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) Kabupaten Tabalong. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong dr. H. Taufiqurrahman Hamdie, M.Kes dan didampingi oleh Kepala Bidang SDK Taufik, SKM MM.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari Rabu dan Kamis, tanggal 5-6 Oktober 2022. Diisi Narasumber dari BBPOM Banjarmasin, Loka POM HSU, PLUT Koperasi UMKM serta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong. Bimbingan Teknis Keamanan Pangan diikuti oleh Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan (PIRT) diwilayah Kabupaten Tabalong sebanyak 40 Orang.

Pada umumnya Industri Rumah Tangga Pangan masih menggunakan teknologi yang sangat sederhana dan dioperasikan oleh tenaga kerja yang kurang pengetahuannya dibidang keamanan pangan. Masalah yang sering ditemui pada produk IRTP antara lain terjadi kontaminasi silang, penggunaan bahan kimia yang salah, menggunakan BTP (Bahan Tambahan Pangan) melebihi takaran. Hal ini disebabkan karenan CPPB-IRT (Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga) belum dilaksanakan secara menyeluruh, sehingga masih banyak timbul penyakit yang disebabkan karena pangan tercemar.

Untuk mengurangi masalah tersebut perlu dilakukan penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku usaha industri rumah tangga di kabupaten Tabalong, agar mereka mengerti dan melaksanakan CPPB-IRT untuk industri rumah tangga yang dikelola.

kontak

Email
dinkes@tabalongkab.go.id
Telepon
(0526) 2021026

visitor counter

Hari Ini

507

bulan Ini

8.68K

total

551.09K

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong