tabalong

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong

Hari Ke-3 KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Keamanan Pangan Untuk Mahasiswa STIA Tabalong.

Rabu 28 September 2022

Hotel Jelita Tanjung - Dinas Kesehatan Tabalong Bidang SDK Kefarmasian melaksanakan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Keamanan Pangan pada hari ke-3 dengan sasaran mahasiswa STIA Tabalong. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong dr. H. Taufiqurrahman Hamdie, M.Kes dan didampingi Kepala Bidang SDK Taufik SKM, MM. Narasumber yang dihadirkan 2 orang dari Loka BPOM yaitu Vrisca Geri Asa hardian, SKM dan Norliana, SKM. Rabu 28 September 2022.

"Materi yang berikan mengenai Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan tiga cemaran, yaitu cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi. Pangan olahan yang diproduksi harus sesuai dengan Cara Pembuatan Pangan Olahan yang Baik untuk menjamin mutu dan keamanannya. Keracunan Pangan adalah seseorang yang menderita sakit dengan gejala dan tanda keracunan yang disebabkan mengonsumsi pangan yang diduga mengandung cemaran Biologis (mikroorganisme) atau Kimia" kata dr Taufiqurrahman.

Untuk mengurangi masalah tersebut diatas perlu diberikan Komunikasi, Informasi dan Edukasi keamanan pangan, agar mereka memahami dan mengerti serta melaksanakan cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga yang dikelola. Serta aman dikonsumsi oleh masyarakat luas dan masyarakat mampu mawasdiri memilih produk pangan diluaran dengan KLIK (cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kadaluarsanya) dengan tujuan tidak menimbulkan hal yang kita tidak inginkan terhadap produk pangan yang kita ingin gunakan.

kontak

Email
dinkes@tabalongkab.go.id
Telepon
(0526) 2021026

visitor counter

Hari Ini

326

bulan Ini

7.84K

total

550.26K

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong