tabalong

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong

Pertemuan Orientasi Penilaian Tumbuh Kembang Anak Bagi Lintas Sektor Tingkat Kabupaten Tabalong Tahun 2022

Selasa 6 September 2022

Tanjung dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong (5/9/22) - Gizi merupakan salah satu komponen yang harus dipenuhi suatu bangsa untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, terutama pada periode 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan). Balita yang mengalami kekurangan gizi kronis akan mengalami stunting. Anak Stunting memiliki panjang badan atau tinggi badan dibawah standar pertumbuhan anak normal seusianya. Beban gizi ganda menjadi tantangan di bidang gizi, karena kurang gizi masih belum teratasi sementara gizi lebih juga semakin besar magnetudenya. Permasalahan gizi yang semakin kompleks ini membutuhkan penanganan yang komprehensif.

Kasus gizi buruk masih banyak ditemui di masyarakat, namun jumlah kasus yang dilaporkan dan yang mendapat perawatan masih rendah. Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya balita gizi buruk yang mendapat perawatan antara lain karena: 1) terbatasnya akses layanan kesehatan; 2) belum banyak fasilitas kesehatan yang melakukan pelayanan balita sakit secara integratif sehingga kasus gizi buruk tidak terdeteksi; 3) ketidakmampuan pemberi layanan dalam tata laksana gizi buruk; 4) pelaporan yang tidak lengkap; 5) rendahnya kesadaran keluarga untuk membawa balita gizi buruk ke tempat pelayanan kesehatan.

"Kejadian stunting tidak hanya bersifat antar generasi (dari ibu ke anak) tetapi bersifat trans generasi (dari nenek ke cucunya) sehingga diperkirakan dampaknya mempunyai kurun waktu 100 tahun, artinya risiko tersebut berasal dari masalah yang terjadi sekitar 100 tahun yang lalu dan dampaknya akan berkelanjutan pada 100 tahun berikutnya. Hal ini menjadi indikasi bahwa setidaknya pada dua generasi yang akan datang kualitas sumber daya manusia Indonesia secara umum tidak akan membaik kecuali dilakukan upaya efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut" Ujar Kepala Dinas Kesehatan Tabalong dr. Taufiqurrahman Hamdie, M.Kes saat memberikan sambutan dan pengarahan pada acara tersebut. Acara ini di selenggarakan di Jelita Hotel Tanjung, Selasa 5 september 2022 dan hadiri Peserta sebanyak 62 orang diantaranya Peserta Kabupaten , Pengelola anak Puskesmas dan PAUDNI dan nara sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Noor Aflah Febrianti, S,ST dan Dinas Kesehatan Kabupaten.

Penilaian tumbuh kembang anak adalah upaya pemerintah kabupaten/kota untuk memperoleh data prevalensi stunting terkini pada skala layanan puskesmas, kecamatan dan desa. Hasil penilaian tumbuh kembang anak bawah lima tahun dapat digunakan untuk memperkuat komitmen pemerintah daerah dan masyarakat dalam gerakan pencegahan dan penurunan stunting dan permaslahan gizi lainnya. Tata cara pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak balita tetap berpedoman pada regulasi Kementerian Kesehatan atau kebijakan lainnya yang berlaku.

kontak

Email
dinkes@tabalongkab.go.id
Telepon
(0526) 2021026

visitor counter

Hari Ini

33

bulan Ini

7.85K

total

550.27K

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong