tabalong

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong

Hindari resiko terkena virus mengingitis,Dinas Kesehatan Tabalong berikan vaksin gratis Untuk Jamaah Haji

Senin 22 Februari 2021

Tanjung,MediaCenter – Sebanyak 84 calon jamaah haji khususnya warga Tabalong untuk Kecamatan Tanjung mendapatkan suntikan Meningitis secara gratis yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, bertempat di Puskesmas Hikun,Selasa (3/7).

Tujuan pemberian suntikan sendiri, untuk menghilangkan resiko terjadinya penyakit radang otak mengingat sekarang ini untuk daerah luar negeri itu sangat berisiko terjadinya penularan meningitis.

Hal tersebut disampaikan ,Kepala Seksi Surveilans Dan imunisasi Dinas Kesehatan, Budi Gunawan di sela wawancara.

“Selain suntikan meningitis juga disarankan juga bagi jamaah yang mau menambah kekebalan tubuh yakni vaksin influenza, hal ini untuk mencegah penyakit saluran pernapasan, mengingat disana juga sangat riskan dalam penularan saluran pernapasan itu,makanya vaksin tersebut sangat disarankan,”ujarnya.

Menurutnya, untuk bantuan vaksin meningitis sendiri berasal dari pemerintah dan diberikan secara gratis ,sedangkan vaksin influenza dikenakan biaya.

“Jadi yang sudah dijamin pemerintah bahwa untuk jamaah haji yang bepergian ke luar negeri wajib suntik vaksin meningitis dan itu gratis, sedangkan untuk vaksin Influenza itu sebagai tambahan saja,tapi tetap disarankan, cuma pasien harus membayar sebesar Rp150.000.”pungkasnya.

Sementara itu salah satu pasien jamaah haji, Akhmad Rujani asal Kecamatan Tanjung mengungkapkan suntikan vaksin ini sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan dari segala serangan virus dan penyakit saat melakukan ibadah haji.

“Dengan vaksin ini mudah mudahan bisa terhindar dari virus dan penyakit yang akan menyerang, mengingat disana akan banyak orang berkumpul ,jadi vaksin ini salah satu bentuk pertahanan diri, agar saat melakukan ibadah haji bisa lancar tanpa kendala sakit.”kata Rujani yang kerja seharinya sebagai pedagang.

Untuk pemberian vaksin tersebut, Kabupaten Tabalong membagi wilayah dan masing masing puskemas, untuk wilayah tengah sendiri dibagi dua, yakni Kecamatan Tanjung melalui Puskesmas Hikun dilanjutkan nantinya dengan Kecamatan Murung Pudak dan Kecamatan Mabuun .(MC Tabalong/Sy)

kontak

Email
dinkes@tabalongkab.go.id
Telepon
(0526) 2021026

visitor counter

Hari Ini

6

bulan Ini

8.77K

total

551.19K

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong