tabalong

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong

Dinkes Tabalong Gelar Lomba Senam Lansia Virtual

Kamis 23 Juni 2022

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong menggelar lomba senam lansia tingkat kabupaten yang dilaksanakan secara virtual, untuk memperingati Hari Lansia ke-26 di aula dinkes setempat, Rabu (22/6).

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Catur Yudha Murtopo menyampaikan, ia merasa bangga kepada para lansia, yang sangat bersemangat mengikuti perlombaan meski sudah berusia lanjut.

“Saya jadi ikut bersemangat hari ini menyaksikan semuanya. Walaupun sudah lanjut usia, tapi semangatnya luar biasa,” ujarnya.

Menurut data yang dihimpun, lansia yang mengikuti lomba ini bahkan ada yang berusia di atas 80 tahun, dan tetap terlihat enerjik saat melakukan langkah demi langkah.

Perlombaan senam lansia ini diikuti 18 kelompok senam, yang masing-masing mewakili 18 puskesmas di 12 kecamatan. Tiap kelompok terdiri atas 10 orang, dengan salah satu kriteria usia 60 tahun ke atas.

Yudha mengatakan, pelaksanaan lomba telah diinformasikan sejak satu bulan lalu. “Guna mempersiapkan dengan matang, dan yang ikut berlomba adalah lansia, tentunya kami beri waktu yang panjang,” katanya.

Terpisah, Kadinkes Tabalong dr H Taufiqurrahman Hamdie mengatakan, senam lansia merupakan kegiatan tahunan yang terus dilombakan. Pembinaannya pun sudah terlaksana di Posyandu Lansia.

Tujuan diadakannya kegiatan ini, untuk menjaga kebugaran para lansia agar dapat melaksanakan active daily living dan tidak mengalami sakit, serta mencegah osteophorosis dengan aktif melakukan aktivitas fisik, di samping pemeriksan kesehatan secara rutin.

“Senam merupakan salah satu bagian dari usaha menjaga kesehatan dan kebugaran, termasuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, yang bertujuan menjaga tubuh agar sehat dan aktif,” katanya.

Menurutnya, lanjut usia pasti akan dialami semua orang, meskipun akan terjadi berbagai kemunduran pada organ tubuh, namun tidak perlu berkecil hati dan harus selalu optimis, ceria serta berusaa agar tetap sehat.

“Jadi, walaupun usia lanjut harus semangat dan tetap menjaga kesehatan. Kita berharap, semua lansia di Tabalong bisa secara aktif mengikuti kegiatan rutin ini di Posyandu Lansia, sehingga kebugaran mereka bisa selalu terjaga,” harapnya

kontak

Email
dinkes@tabalongkab.go.id
Telepon
(0526) 2021026

visitor counter

Hari Ini

33

bulan Ini

8.5K

total

550.92K

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong