tabalong

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong

184 Pejabat di Tabalong Serentak Dikukuhkan Jadi Bapak Asuh dan Bunda Asuh Anak Stunting

Minggu 16 Oktober 2022
BANJARMASIN -- BKKBN mengukuhkan 184 pejabat di Kabupaten Tabalong sebagai Bapak Asuh dan Bunda Asuh Anak Stunting pada Kamis (13/10/2022).
Ke 184 Pejabat yang dikukuhkan secara serentak itu meliputi Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran Forum Pimpinan Daerah, Ketua beserta Sekretaris DPRD, Komandan Kodim 1008 Tabalong, KapolresTabalong, Ketua Pengadilan Negeri Tabalong, Kepala Kejaksaan Negeri Tabalong, Kepala SKPD, Camat, Lurah, dan Kepala Desa di Kabupaten Tabalong, serta dari lingkup swasta yakni Bank Kalsel dan Hotel Aston Tanjung.
Deputi Advokasi Penggerakan dan Informasi (Adpin) BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso mengungkapkan bahwa BKKBN mengapresiasi penuh komitmen pemerintah Kabupaten Tabalong dalam memerangi stunting.
Kabupaten Tabalong sudah menunjukkan komitmen yang luar biasa, pak bupati, pak wakil bupati beserta seluruh jajarannya didukung oleh Pak Dandim, Pak Kapolres, Ketua DPRD, dan juga melibatkan mitra kerja secara pentahelix diantaranya adalah dunia usaha, untuk mewakafkan dirinya sebagai bapak maupun bunda asuh anak stunting,” kata Teguh.
Kabupaten Tabalong berdasarkan data SSGI tahun 2021 untuk prevalensi stunting masih berada di atas rata-rata nasional yakni di angka 28,2%. Sebagai Informasi Angka Prevalensi stunting di Kalimantan Sendiri juga masih dalam kategori tinggi yakni di angka 30%.
Terkait instruksi bupati mengenai pemantauan dan pencatatan ibu hamil, Teguh juga berpesan agar seluruh kepala desa maupun lurah dapat turut serta memantau persiapan pasangan yang akan menikah, guna mencegah stunting dari hulu.
Apa yang harus dipersiapkan? Pastikan betul diperiksakan ke bidan ataupun ke dokter. Apa yang harus diperiksa? Salah satunya kondisi darah dan gizinya," tuturnya.
Disamping itu ia juga menyampaikan bahwa salah satu bentuk dukungan pemerintah pusat kepada Pemerintah Daerah untuk percepatan penurunan stunting adalah melalui Dana Alokasi Khusus, sehingga ia berpesan kepada Bupati untuk turut mendorong serapan DAK BOKB di Kabupaten Tabalong.
Hasil Pemantauan terhadap serapan DAK Bidang KB Kabupaten Tabalong tahun 2022, bahwa dari pagu DAK Fisik sebesar Rp. 1.166.531.000, realisasi Rp. 197.423.050 (16,9 %) dan BOKB Pagu Rp. 3.070.124.000, realisasi Rp. 1.228.493.111 (40,00 %).
"Jadi kami juga berharap agar bapak Bupati dapat mendorong dana alokasi ini dapat terserap secara optimal dalam kurun waktu sisa dua bulan efektif," ungkap Teguh.
Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengungkapkan bahwa momentum pengukuhan BAAS ini merupakan langkah baru bagi Kabupaten Tabalong dalam menekan angka stunting.
Hari ini Insya Allah kita memulai langkah baru untuk menekan stunting di Kabupaten Tabalong, yang saya maksud dengan langkah baru disini adalah kita akan mengukuhkan Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting” ungkap Anang Syakhfiani di Aula Pendopo Bersinar, Tabalong.
Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan setidaknya akan ada 300 Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting di Kabupaten Tabalong.
Dan jumlahnya tidak tanggung-tanggung, perhari ini sudah 184 donatur dan ini masih terus kami kejar, target kami sendiri kurang lebih harus ada 300 bapak dan bunda asuh anak stunting di Tabalong, jadi kita sama-sama gotong royong agar Tabalong dapat zero stunting di tahun 2024” tuturnya.
Disamping itu ia juga menginstruksikan kepada lurah dan kepala desa untuk melakukan pencatatan dan pemantauan secara berkala terhadap data ibu hamil diwilayahnya masing-masing, guna mencegah terjadinya kasus stunting baru.
Setelah stunting kita nol kan, tugas kita yang berikutnya adalah tidak ada lagi stunting baru, nah ini tugas para bidan, lurah, kepala desa kalau ada orang hamil di desa atau kelurahannya ini mesti dipantau, jadi mulai besok lurah dan kepala desa harus punya data siapa yang hamil di kelurahan atau desanya masing-masing” ungkap Anang Syakhfiani.
Sebelumnya terkait program Bapak Asuh Anak Stunting di Provinsi Kalimantan Selatan, telah di kukuhkan walikota beserta jajarannya di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru sebagai BAAS pada Agustus silam oleh Kepala BKKBN Dr.(H.C).dr.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).
Penulis : RPT
Editor : AHS
Tanggal Rilis: 13 Oktober 2022
Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1 
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

kontak

Email
dinkes@tabalongkab.go.id
Telepon
(0526) 2021026

visitor counter

Hari Ini

525

bulan Ini

8.69K

total

551.11K

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong