tabalong

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong

Pemeriksaan Kesehatan Calon Haji Tahap 2 Kabupaten Tabalong 2023

Selasa 9 Mei 2023

Tanjung 5-9 Mei 2023. Dinas Kesehatan Melalui Tenaga Kesehatan Haji Indonesia Melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan haji serentak. Pemeriksaan ini dilaksanakan secara serentak dipuskesmas Sekabupaten Tabalong dengan jumlah jemaah haji 417 Orang. Bekerja sama antara TKHI Kab Tabalong yang di bantu Helmy Wardani (PHD Bid Kesehatan) dengan Puskesmas Se- Kab Tabalong.

Seluruh calon jamaah haji menjalani pemeriksaan kesehatan secara umum yang terdiri atas pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan fisik, EKG/jantung dan rontgen paru-paru. Pemeriksaan kesehatan diharapkan dapat mengetahui kondisi kesehatan calon jamaah haji dan untuk menentukan kelaikan dalam menunaikan ibadah haji. Harapannya, para calon jamaah haji dapat menunaikan ibadah dengan lancar, aman, nyaman, sehat dan selamat hingga kembali lagi ke tanah air.

Pada pemeriksaan, juga dilakukan pembinaan kesehatan. Materinya agar calon jamaah haji bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan kebugaran tubuh. Sehingga dapat lolos kesehatan dan saat berada di tanah suci bisa menjalankan ibadah dengan sesuai syarat rukun tanpa terkendala gangguan kesehatan.

Peran TKHI diharapkan tidak hanya memantau kondisi kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan pada jemaah di kloter. Melainkan juga memiliki fungsi untuk memberikan pertimbangan bagi jemaah, khususnya jemaah risiko tinggi untuk menjalankan ibadah sunnah.

Tenaga Kesehatan Haji Indonesia yang selanjutnya disingkat TKHI adalah tim kesehatan yang bertugas memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kesehatan bagi jemaah haji di kelompok terbang (Kloter).

1. TKHI sebagai ujung tombak Pembinaan, Pelayanan dan Perlindungan Jemaah Haji. TKHI mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi jemaah haji di Kloter. TKHI merupakan petugas kesehatan yang mendampingi jemaah haji di kloter selama 24 jam/hari mulai dari embarkasi, perjalanan, selama di Arab Saudi (Jeddah, Makkah, Madinah, Arafah, Muzdalifah dan Mina), sampai di debarkasi. TKHI bertugas mendampingi jemaah haji agar jemaah selalu dalam keadaan sehat, sehingga dapat melaksanakan rukun dan wajib haji sesuai syariat agama Islam. Dalam melayani Jemaah haji hendaknya melibatkan petugas lain yang ada yaitu Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Ketua Rombongan (Karom) dan Ketua Regu (Karu), serta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yaitu Tim Promotif Preventif (TPP), Tim Gerak Cepat (TGC) dan Tim Kuratif Rehabilitatif (TKR).

2. TKHI berperan dalam kegiatan Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif terhadap jemaah haji di kloter. Dengan adanya peran ini jemaah haji terhindar dari bahaya penyakit yang dapat memperberat kondisinya dalam menjalankan ibadah haji Kegiatan yang dilakukan oleh TKHI di kloter adalah:

  • Melakukan penyuluhan Kesehatan terutama dalam hal pentingnya gizi, cuaca panas, istirahat dan ancaman penyakit menular;

  • Memastikan ketersediaan obat dan perbekalan kesehatan saat diperlukan termasuk saat di Armina;

  • Memperkuat koodinasi dengan petugas kloter dan PPIH;

  • Melakukan komunikasi efektif antar petugas dan jemaah haji;

  • Memberdayakan jemaah haji dalam menjaga kesehatannya;

  • Melakukan pengawasan lingkungan dan membantu mengecek makanan jemaah haji;

  • Melakukan identifikasi faktor risiko dan kewaspadaan terjadinya wabah/KLB;Melaksanakan pencatatan dan pelaporan (manual dan elektronik); dan

  • Melaksanakan etika petugas haji terhadap jemaah haji.

3. TKHI mengenal seluruh jemaah haji saat operasional Sejak masa pra operasional TKHI bersama Dinas Kesehatan kabupaten/kota mengidentifikasi jemaah haji yang telah terdata dalam pemberangkatan tahun berjalan, terutama jemaah haji yang mempunyai risiko tinggi (risti) kesehatan. Dengan adanya data ini maka TKHI dapat melakukan pembinaan di daerahnya masing-masing. Sehingga status kesehatan jemaah haji dapat dijaga dan ditingkatkan.

Petugas Haji Daerah mempunyai tugas memberikan pelayanan bagi jamaah haji asal Daerah yang meliputi pelayanan bimbingan ibadah haji, pelayanan kesehatan haji dan pelayanan umum dengan bekerja sama secara sinergi dengan petugas haji pusat.

TIM TKHI dan PHD Kab Tabalong :

  • dr. Harliyani PKM Banua Lawas

  • Hefzi Rahman DinKes Tabalong

  • Akhmad Abdillah RSUD Badaruddin Kasim

  • Helmy Wardani RSUD Badaruddin Kasim / PHD Kesehatan

kontak

Email
dinkes@tabalongkab.go.id
Telepon
(0526) 2021026

visitor counter

Hari Ini

308

bulan Ini

6.75K

total

549.16K

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong