tabalong

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong

WORKSHOP KADER TOGA DAN AKUPRESUR SE-KABUPATEN TABALONG TAHUN 2023

Jumat 24 Maret 2023

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong (24/3/23). Dinas kesehatan Kabupaten Tabalong Bidan Yankes Kestrad mengadakan Kegiatan WORKSHOP KADER TOGA DAN AKUPRESUR SE-KABUPATEN TABALONG TAHUN 2023. Pelayanan kesehatan tradisional sebagai bagian dari upaya kesehatan yang menurut sejarah budaya dan kenyataan hingga saat ini banyak dijumpai di Indonesia bersama pelayanan kesehatan konvensional diarahkan untuk menciptakan masyarakat yang sehat, mandiri dan berkeadilan.

 

Salah satu yang berperan dalam kesehaatan tradisional di masyarakat adalah Penyehat Tradisional. Penyehat Tradisional adalah setiap orang yang melakukan Pelayanan Kesehatan Tradisional Empiris yang pengetahuan dan keterampilannya diperoleh melalui pengalaman turun temurun atau pendidikan non formal. Dimana penyehat tradisional dilindungi undangundang  No. 36 tahun 2009 pasal 61 ayat 1 yang menyatakan bahwa masyarakat diberi kesempatan yang seluas luasnya untuk mengembangkan, meningkatkan dan menggunakan pelayanan kesehatan tradisional yang dapat dipertanggung jawabkan manfaat dan keamanannya.

 

Data Penyakit Tidak Menular (PTM) di Tabalong tahun 2022 Hipertensi 13.384 orang dan Diabetes Melitus (DM) 3.158 orang.

Berdasarkan hal tersebut diatas diperlukan adanya kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas dan pengetahuan untuk mengatasi gangguan Penyakit tersebut secara tradisional dengan mengadakan Workshop Toga dan Akupresur,dengan membina Pengelola Kesehatan Tradisional dan Kader Kesehatan dengan pemanfaatan Jamu untuk mengatasi hipertensi,diabetes dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat.

kontak

Email
dinkes@tabalongkab.go.id
Telepon
(0526) 2021026

visitor counter

Hari Ini

511

bulan Ini

8.68K

total

551.1K

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong