tabalong

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong

AKSI GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) TABALONG SCOUT FESTIVAL SARABAKAWA SCOUT COMPETITION III OLEH KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KABUPATEN TABALONG

Rabu 21 September 2022

Pendopo Bersinar - Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong. Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. 

Faktor Perilaku dan Faktor Lingkungan memegang peran lebih dari 75% dari kondisi derajat kesehatan masyarakat. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa; untuk itu GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Gerakan ini perlu digaungkan kembali sebagai salah satu perwujudan dari revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden, oleh karenanya perlu Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dilakukan sebagai wujud Aksi dari semua pimpinan daerah, pimpinan institusi pemerintah dan masyarakat, perguruan tinggi dan dunia usaha untuk mengawali dan melaksanakan kegiatan Germas di lingkup tanggung jawabnya masing-masing.

Tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan partisipasi dan peran serta Gerakan Pramuka untuk hidup sehat, menyebarluaskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  melalui Gerakan Pramuka, terlaksananya Kampanye GERMAS ( Aktivitas Fisik Setiap hari, Makan Sayur dan Buah dan Cek Kesehatan secara rutin )

Peserta Kampanye GERMAS adalah Gerakan Pramuka Gugus Depan dan Anggota Saka Bakti Husada, kegiatan ini dilaksanakan di Pembataan Pendopo Bersinar, Selasa 20 September 2022, dan dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati Drs. H. Mawardi M.Si dan didampingi sejumlah pembina Kwarcab.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, dr. H. Taufiqqurahman Hamdie, M.Kes mengatakan “Dalam sakti Bakti Husada ini sudah kita latih keterampilan mereka, jadi mereka bisa bagaimana melakukan kegiatan penyuluhan ke masyarakat, pola senam bersama untuk gizi seimbang ataupun pola-pola pencegahan stunting dan peran Pramuka mengatasi penyakit menular seperti demam berdarah, Itu sudah kami tanamkan kepada mereka sejak dini, jadi mereka adalah kader kesehatan juga bagi kami "

dr. Taufiq pun berharap "Ini juga persiapan untuk Perkemahan Pramuka Bhakti Sabanua (Pertibanua), ini sebagai tempat latihan mereka juga untuk mempersiapkan keikutsertaan Pertibanua dan mudah-mudahan Tabalong kedepannya berprestasi”

kontak

Email
dinkes@tabalongkab.go.id
Telepon
(0526) 2021026

visitor counter

Hari Ini

492

bulan Ini

8.66K

total

551.08K

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong